Sabtu, 12 Februari 2011

KEPERAWATAN GAWAT DARURAT LIDOKAIN

1.
Lidokain ialah anestetik lokal yang dapat diberikan secara topikal maupun suntikan. Sampai saat ini lidokain masih merupakan obat terpilih untuk berbagai tindakan dalam bidang kedokteran gigi, karena lidokain mempunyai potensi anestesi yang cukup kuat, mula kerja cepat, masa kerja cukup panjang dan batas keamanan yang lebar. Obat ini termasuk golongan amino asilamid yang jarang menimbulkan alergi. Rumus kimianya terdiri dari tiga komponen dasar yaitu: gugus amin hidrofil, gugus residu aromatik dan gugus intermedier.
Lidokain merupakan obat anestesi golongan amida, selain sebagai obat anestesi lokal lidokain juga digunakan sebagai obat antiaritmia kelas IB karena mampu mencegah depolarisasi pada membran sel melalui penghambatan masuknya ion natrium pada kanal natrium.
Sebagai obat anestesi lokal lidokain dapat diberikan dosis 3-4 mg/kgBB, bila ditambahkan adrenalin dosis maksimal mencapai 6 mg/kgBB. Lidokain menyebabkan penurunan tekanan intrakranial (tergantung dosis) yang disebabkan oleh efek sekunder peningkatan resistensi vaskuler otak dan penurunan aliran darah otak.
Lidokain hanya efektif bila diberikan intravena. Pada pemberian peroral kadar lidokain dalam plasma sangat kecil dan dicapai dalam waktu yang lama. Pada pemberian intravena kadar puncak dalam plasma dicapai dalam waktu 3-5 menit dan waktu paruh 30-120 menit. Lidokain hampir semuanya dimetabolisme di hati menjadi monoethylglycinexylidide melalui proses dealkylation, kemudian diikuti dengan hidrolisis menjadi xylidide. Monoethylglycinexylidide mempunyai aktivitas 80% dari lidokain sebagai antidisritmia, sedangkan xylidide mempunyai aktivitas antidisritmia hanya 10%. Xylidide diekskresi dalam urin sekitar 75% dalam bentuk hydroxy-2,6-dimethylaniline. Lidokain sekitar 50% terikat dengan albumin dalam plasma. Pada penderita payah jantung atau penyakit hati, dosis harus dikurangi karena waktu paruh dan volume distribusi akan memanjang.

2. Barbiturat
Barbiturat merupakan obat yang bertindak sebagai depresan sistem saraf pusat, dan, berdasarkan ini, mereka menghasilkan efek spektrum yang luas, dari sedasi ringan sampai anestesi total. Mereka juga efektif sebagai anxiolytics, sebagai hipnotik, dan sebagai antikonvulsan. Mereka memiliki potensi kecanduan, baik fisik dan psikologis.
Barbiturat kini sebagian besar telah digantikan oleh benzodiazepin dalam praktek medis rutin - misalnya, dalam pengobatan kecemasan dan insomnia - terutama karena benzodiazepin secara signifikan kurang berbahaya di overdosis. Namun, obat tidur masih digunakan dalam anestesi umum, serta untuk epilepsi. Barbiturat adalah turunan asam barbiturat.
Barbiturat seperti pentobarbital dan fenobarbital sudah lama digunakan sebagai anxiolytics dan hipnotik. Hari ini, benzodiazepin sebagian besar telah menggantikan mereka untuk tujuan ini, karena benzodiazepin memiliki kurang potensial untuk overdosis mematikan.
Barbiturat diklasifikasikan sebagai ultrashort-, pendek, menengah-, dan long-acting, tergantung pada seberapa cepat mereka bertindak dan berapa lama efek mereka terakhir. Barbiturat masih banyak digunakan dalam anestesi bedah, terutama untuk mendorong anestesi, meskipun penggunaan selama induksi anestesi sebagian besar telah digantikan oleh propofol. Ultrashort barbiturat seperti thiopental (Pentothal) menghasilkan ketidaksadaran dalam waktu sekitar satu menit intravena (IV) injeksi. Obat ini digunakan untuk menyiapkan pasien untuk pembedahan, anestesi umum lainnya seperti sevofluran atau isoflurane kemudian digunakan untuk menjaga pasien dari bangun tidur sebelum operasi selesai. Karena ultrashort-acting barbiturat thiopental dan biasanya digunakan dalam pengaturan rumah sakit, mereka tidak sangat mungkin untuk disalahgunakan, mencatat DEA.

3. Halotan
Halothane adalah obatanestesi inhalasi berbentuk cairan bening tak berwarana yang mudah menguap dan berbau harum. Pemberian halothane sebaiknya bersama dengan oksigen atau nitrous okside 70%-oksigen dan sebaiknya menggunakan vaporizer yang khusus dikalibrasi untuk halothane agar konsentrasi uap dihasilkan itu akurat dan mudah dikendalikan. Pada nafas spontan rumatanane stesi sekitar 1-2 vol% dan pada nafas kendali sekitar 0,5-1 vol % yang tentunya disesuaikan dengan respon klinis pasien. Kelebihan dosis menyebabkan depresi pernafasan, menurunnya tonus simpatis, terjadi hipotensi, bradikardia, vasodilatasi perifer, depresi vasomotor, depresi miokard dan inhibisi refleks baroreseptor. Paska pemberian halothane sering menyebabkan pasien menggigil.
Pemberian halothane biasanya dengan oksigen atau nitrous okside 70% serta menggunakan vaporizer yang khusus dikalibrasi agar konsentrasi uap yang dihasilkan akurat dan mudah dikendalikan. Halothane dikemas dalam botol berwarna gelap dan mengandung 0,01 % timol sebagai bahan stabilisasi.
Halothane diperkenalkan pada tahun 1956 hingga 1980-an, diberikan kepada jutaan orang dewasa dan anak-anak di seluruh dunia. Halothane tidak bisa diberikan pada pasien depresi jantung, sebab depresi jantungnya akan bertambah parah dan berakhir gagal jantung atau kematian. Halotan juga tidak bisa diberikan pada pasien rentan terhadap aritmia jantung.
Efek buruk yang dihasilkan Halothane adalah penyekit hepatitis , sindrom hepatitis memiliki angka kematian sebesar 30% sampai 70%. perkiraan hasil dari metabolisme halotan menjadi asam trifluoroacetic melalui reaksi oksidatif dalam hati. Sekitar 20% Halothane yang dihirup akan dimetabolisme oleh hati dan produk-produk tersebut akan dikeluarkan dalam urin.

4. Nitro Oksida
Nitrous oxide, umum dikenal sebagai gas atau tertawa bahagia gas, adalah senyawa kimia dengan rumus kimia N2O. Pada suhu kamar, itu adalah tidak berwarna non-gas mudah terbakar, dengan menyenangkan, sedikit manis bau dan rasa. Digunakan dalam operasi dan kedokteran gigi untuk efek anestesi dan analgesik. Hal ini dikenal sebagai "gas ketawa" karena efek euforia menghirup itu, sebuah properti yang telah menyebabkan para rekreasi digunakan sebagai obat disosiatif. Hal ini juga digunakan sebagai oxidizer dalam peroketan dan dalam balap motor untuk meningkatkan daya output mesin. Pada temperatur tinggi, nitro oxidizer yang kuat mirip dengan molekul oksigen. Sebagai contoh, nitro di tabung pengujian akan memicu kembali membara belat.
Nitro telah digunakan untuk anestesi dalam kedokteran gigi sejak tahun 1840-an. Yang paling sering digunakan adalah sebagai campuran dengan oksigen 50:50, umum dikenal sebagai Entonox atau Nitronox permintaan disampaikan melalui katup, dan sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang berhubungan dengan melahirkan, trauma dan serangan jantung.
Penggunaan profesional dapat melibatkan pasokan konstan flowmeters yang memungkinkan proporsi nitrogen oksida dan laju aliran gas gabungan untuk disesuaikan secara individual. Nitro biasanya diberikan oleh dokter gigi melalui permintaan-katup inhaler atas hidung yang hanya melepaskan gas ketika pasien menghirup melalui hidung.
Karena nitro minimal dimetabolisme, itu mempertahankan potensinya ketika dihembuskan ke ruangan oleh pasien dan dapat menjadi memabukkan dan lama-pajanan bahaya terhadap staf klinik jika ruangan berventilasi buruk. Mana nitro dikelola, yang terus-menerus-aliran udara segar-sistem ventilasi atau nitro-sistem pemulungan digunakan untuk mencegah penumpukan gas buang.
Nitrous oksida adalah anestesi umum yang lemah, dan umumnya tidak digunakan sendirian dalam anestesi umum. Dalam anestesi umum digunakan sebagai pembawa gas dalam rasio 2:1 dengan oksigen untuk lebih kuat agen anestesi umum seperti sevofluran atau desflurane. Memiliki MAC (minimum alveolar konsentrasi) dari 105% dan darah: gas koefisien partisi 0,46. Kurang dari 0.004% adalah metabolised pada manusia.
Diperoleh dengan memanaskan ammonium nitrat sampai 240°C (NH4 NO3 2H2O + N2O) N2O dalam ruangan berbentuk gas tak berwarna, bau manis, tak iritasi, tak terbakar, dan beratnya 1,5 kali berat udara. Pemberian anestesi dengan N2O harus disertai O2 minimal 25%. Gas ini bersifat anestesik lemah, tetapi analgesinya kuat, sehingga sering digunakan untuk mengurangi nyeri menjelang persalinan. Pada anestesi inhalasi jarang digunakan sendirian, tetapi dikombinasi dengan salah satu anestesi lain seperti halotan dan sebaagainya. Pada akhir anestesi setelah N2O dihentikan, maka N2O akan cepat keluar mengisi alveoli, sehingga terjadi pengenceran O2 dan terjadilah hipoksia difusi.
Untuk menghindari terjadinya hipoksia difusi, berikan O2 100% selama 5-10 menit.Penggunaan dalamane stesi umumnya dipakai dalam kombinasi N2O : O2 yaitu 60% : 40%, 70% : 30%. Dosis untuk mendapatkan efek analgesik digunakan dengan perbandingan 20% : 80%, untuk induksi 80% : 20%, dan pemeliharaan 70% : 30%. N2O sangat berbahaya bila digunakan pada pasien pneumothorak, pneumomediastinum, obstruksi, emboli udara dan timpanoplasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar